Halaman

Jumat, 11 Januari 2013

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI KOMPONEN MATA KULIAH DASAR UMUM



ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI KOMPONEN MATA KULIAH DASAR UMUM

Pendidikan umum yang menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah bantu yang bertujuan untuk menopang Keahlian mahasiswa dalam disiplin ilmunya. Demikian juga bebeda dengan pendidikan keahlian yang bertujuan untuk mengembangkan keahliannya mahasiswa dalam bidang atau disiplin ilmunya.
            Pendidikan umum yang diselenggarakan oleh universtias dan intitut kemudian dikenal dengan mata kuliah dasar umum atau MKDU yangterdiri dari beberapa mata kuliah , yaitu : 1) Agama, 2) Kewarganegaraan, 3) Pancasila, 4) Kewiraan, 5) IBD dan 6) ISD.

Ilmu sosial dasar adalah salah satu mata kuliah dasar umum yang merupakan matakuliah wajib yang diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah sosial yang terjadi dilingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.
 
LATAR BELAKANG, PENGERTIAN DAN TUJUAN  ISD
   Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil. Padahal sumbangan pemikiran dan adanya komunikasi ilmiah antara disiplin ilmu diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah sosial masyarakat yang demikian kompleks. Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas.

  1. Kemampuan akademis; adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternative pemecahannya.

  1. Kemampuan professional; adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

  1. Kemampuan personal ; adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan  yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

      ISD, sebagai bagian dari MKDU, mempunyai tema pokok yaitu hubungan khususnya masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Adapun yang menjadi sasaran perhatian adalah antara lain :

  1. berbagai kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri maupun sebagai pendekatan gabungan (antar bidang)
2.      Adanya keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat, yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, tapi juga amat banyak persamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan menyebabkan adanya pertentangan-pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat kita

ISD bertujuan membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan khususnya berkenaan dengan sikap an tingkah laku manusia.
Ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :
  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Tapi hasil penelitiannya hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.      Pengetahuan budaya ( the humanities ). bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Kehidupan manusia sebagai mahluk sosial selalu dihadapkan kepada masalah sosial yang tidak dapat dipisahkan dalah kehidupan. Masalah sosial ini timbul sebagai akibat dari hubungannya dengan sesame manusia lainnya dan akibat tingkah lakunya.


Saya sering terjebak macet jika hendak berpergian kemana saja seperti ke kampus ataupun jalan- jalan. Saya sering pusing melihat kemacetan lalulintas dijalan raya seperti  dijakarta yang sering terjadi, bahkan sudah seperti menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan, tidak mengenal waktu bisa terjadi dimana saja. Membuat kita banyak kehilangan waktu yang penting  untuk melakukan suatu kepentingan kita.
Memang jakarta adalah ibu kota negara tapi tidak seharusnya  terjadi kemacetan disana sini. Kekacauan kemacetan lalulintas terjadi ketika  berbagai jenis kendaraan tumplek jadi satu tempat. Sehingga semua kendaraan tidak bisa maju ataupun mundur karena jalurnya terkunci bahkan pejalan kaki pun sulit untuk lewat karena trotoar pejalan kaki di serobot oleh motor.  Peristiwa kemacetan lalulintas sering menyebabkan kegeraman dan memuncaknya emosi  para pengguna jalan. Seperti terjadi yang dijalan daerah terminal pulogadung dan kawasan,dan tanjung priok jakarta utara.
Kemacetan lalulintas sering terjadi  didaerah pinggiran jakarta terutama  pada jam berangkat dan pulang kantor (pagi dan sore hari). penyebab kemacetan lalulinta karena pengguna jalan tidak disiplin, jalan raya di funsikan sebagai tempat parkiran liar, dijadikan tem pat berdagang seperti ditrotoar. Kemacetan jakarta tidak terjadi pada 3 hari menjelang dan sesudah lebaran.

Banyak dampak yang ditimbulkan oleh kemacetan yaitu :
·         Kerugian ekonomi karena borosnya BBM yang terbuang begitu saja
·         Terganggunya jadwal pekerjaan, kegiatan keluarga
·         Kerugian waktu yang berdampak pada kerugian ekonomi
·         Stress dan kelelahan
·         Penurunan kualitas udara di jakarta karena meningkatnya zat – zat emisi gas buang kendaraan bermotor yang mengakibatkan pemanasan global dan perubahan cuaca     

Banyak faktor – faktor yang menyebabkan kemacetan yaitu :
1.      Faktor jalan raya (ruang jalan yang terbatas):
Pemanfaatan yang salah terhadap ruang jalan serta terbatasnya luas ruang jalan dapat menghambat pengguna jalan
2.      Faktor pengguna jalan (manusia):
Manusia sebagai pemakai jalan, pemrintah dan penyedia kebijakan , perilaku pengguna jalan raya sangat mencerminkan sikap dan mental suatu bangsa
3.      Kendaraan:
Jumlah kendaraan yang melintas melebihi daya tampung jalan raya seperti motor dan mobil
Termasuk Bus transjakarta  menyebabkan kemacetan bertambah parah 


Solusi masalah:
                            
1. Perbaikian faktor jalan raya :
·         Memperbaiki jalan raya
·         Memperlebar ruas jalan yang masih bisa diperluas
·         Melarang angkutan ngetem dipinggir jalan
·         Membuat jalan tembus bar terutama di pinggiran kota
·         Membuat jalan layang flyover non tol dan terowongan jualan bawah tanah
·         Menderek atau merantai kendaraan seenaknya

2. Perbaikan faktor kendaraan :
·         Membatasi jumlah mobil dan motor pribadi yang dimiliki
·         Membatasi jumlah angkutan umum
·         Mengganti bus kota reguler dengan bus transjakarta
·         Membatasi usia kendaraan yang digunakan
·         Memperbaiki kualitas kendaraan angkutan umum
·         Melarang truk melintas dijalan kota jakarta

3. Perbaikan faktor manusia
Menindak tegas  para pelanggar lalulintas termasuk:
·         Pengendara yang melawan arus
·         Pengendara yang menyerobot lampu merah dan rambu lalulintas lainnya
·         Membersikan angutan umum dari  pencopet, preman, penodong
·         Polisi juga harus tegas tidak pilih – pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin